Entri Populer

Rabu, 01 Juni 2011

ANALOGI MASALAH

Semenjak lama ga buka blogg jd males nulis cerita di blog, karena seringnya baca blog orang jg senengnya bacain blog orang terus.... huf. padahal sebenarnya pengen juga nulis-nulis cerita-cerita gtu... banyak si yang mau diceritain tapi.... pribadi he.....

Entah karena udah sifat atau kebiasaan aja kali ya kalo aku tuh susah banget terbuka sama orang. yy punya masalah pendem sendiri. rasain sendiri and try to solve problem by self........ ya gtu lah. huf keabisan kata-kata nih aku binggung mau cerita tentang apa. Udah lah ceritanya kapan-kapan aja kalo lagi banyak inspirasi.

O ya tunggu deh aku mau menggambarkan sedikit tentang MASALAH
Sebelumnya aku takut bangrt deh sama yang namanya masalah aku cenderung untuk bersikap mencari aman karena ga mau ada masalah yah....... salah satu tipe plegmatis yang mencari kedamaian. Tapi dipikir-pikir ga seru loh kalo gada masalah. karena permikiran yang kaya gitu akhirnya coba-coba deh buat masalah he...... iseng.

oy ..... coba kalian jawab dengan jyjyr ya.... Apa yang mau kalian lakukan apabila kalian dapat kembali kemasa lalu...... ???? ayo...ayo apa jawabannya........ Rata-rata setiap orang berfikiran mau memperbaiki kesalahan itu jawabannya ia ga??? tapi kata seorang motivator jika saya dapat kembali ke masa lalu maka akan membuta kesalahan yang sebanyak-banyaknya. Kalian paham ga maksudnya ???? jadi itu kan masa lalu jadi buat aja masalah yang banyak kan ada pepatah yang mengatakan "pengalaman adalah guru yang terbiak" masalah juga pengalaman kan ?? terus kalo kita pernah ketemu dengan masalah yang sama kalian udah tau gimana cara mengatasi masalah itu ia G ?? temen aku bilang masalah itu kaya kerjanya virus dan antibody. masalah kita anggap sebagai virus nah respon kita terhadap masalah diibaratkan antibodi dalam tubuh. Klo kita udah pernah kena suatu penyakit/tetpapar suatu virus baru tubuh kita akan beradaptasi dengan virus itu membentuk antibodi baru dalam tubuh dan mungkin awalnya ada gejala-gejala sakit atau bahkan sakit beneran tapi coba kolo ada virus yang sebelumnya pernah dataeng ditubuh kita. tubuh kita ga masalah kan kita udah punya anyibody ga usah bentuk lagi langsung hajar tu virus beres deh ......... nah kurang lebih kaya gtu antara masalah dengan respok kita. Setiap orang pasti punya respon yang berbeda terhadp masalah seperti kalo kita dikasih sesuatu contoh dikasih bunga ada orang menyimpan bunga karena mengaggap bunga itu berharga, ada yang membuangnya karena menganggap ga penting, cara membuangnya juga beda-beda ada yang melepar, menendang, dll ada juga yang acuh tak acuh dikasih bunga malah diem aja, ada yang menberikannya kepada orang lain dn sebagainya. Begitu juga masalah yang dateng keseseorang ada yang dapet masalah dihadapi, ada yang lari dari masalah, ada yang mengkambing hitamkan orang lain karena dirinya ga mau kena masalah.

Menurut ku masalah itu anugrah yang diberikan allah ke kita sesuatu yang pahit tapi membuat kita lebih dewasa lebih pintar lebih berpengalaman. oy......... jadi inger pa iwan guru sma ku dulu beliau bertanya pada kami muridnya ketika aku duduk di bangku sekolah sma kelas XI beliau meminta setiap murid untuk menafsirkan apa itu masalah. Aku pun mencoba untuk menafsirkan apa itu masalah dan membacakannya dikelas definisi ku tentang apa pengertian dari masalah ketika beberapa murid telah membacakan deskripsinya dan waktu jam pelajaran pun hamir usai beliau mengatakan kurang lebih masalah adalah adanya jarak antara keinginan dan kenyataan.

A erland mengatakan besar kecilnya masalah tergantung diri kita, besar kecilnya masalah itu relatif. Apa maksudnya hayo............ ???? maksudnya kurang lebih aduh gimana ya....... mendeskripsikannya ku bingung sendiri aku tau maksudnya tapi susah untuk dijabarkan. Gini deh dianalogikan saja ya.... mudah-mudahan dapat dipahami. Kalo ada nyamuk terbang tiba-tiba melihat cicak di tembok, nyamuk menganggap kalo cicak ditembok itu suatu masalah karena jadi dia bisa dimakan oleh cicak itu bener ga??? tapi kolo ada gajah melihat ada cicak ditembok apa gajah memandang cicak itu suatu masalah enggak kan??? gajah cuek-cuek aja toh gajah berfikir cicak diinjek sama saya juga mati. Maksud dari analogi ini nangkep ga???. Jadi intinya kita harus lebih besar dari masalah. Masalah besar buat otang besar, masalah kecil buat orang kecil jadi beruntung lah kalian kalo dapet masalah besar berarti mungkin kalian adalah orang besar. Karena orang besar itu mendapat banyak masalah sebelumnya masalah yang sangat banyak karena orang-orang besar lolos maka mereka jadi deh orang besar he...... nyambung kan maksudnya???

Allah tu ga bakal ngasih suatu masalah sama orang yang ga mampu menghadapinya. Jadi kalo kita lagi punya masalah hadapin masalah itu dan OPTIMIS kalo kita pasti bisa menyelesaikannnya. Karena masalah itu suatu ujian kalo kita lulus maka kita naik tingkat deh... kaya kalo kita main games semakin tinggi level kita maka rintangan semakin susah kita harus hadapi sesusah apapun kita harus lulus camkan itu dalam pikiran kita sewaktu kita sedang menghadapi suatu masalah.

MASALAH ????????????


SIAPA TAKUT !!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar